Jumat, 04 Maret 2016

Laporan Hasil Penjualan



BAB I Pendahuluan



A.  Latar Belakang

SMK Negeri 1 Pedan merupakan lembaga pendidikan formal yang mengarah dalam dunia usaha. Dalam usaha mengembangkan bakat siswa dalam bidang kewirausahaan, siswa dilatih untuk praktek kewirausahaan yang diberi tugas untuk mampu menghasilkan produk berupa makanan yang nantinya dijual kepada konsumen, dan siswa juga diharuskan dapat membuat laporan kegiatan praktek tersebut.

Guna memenuhi tugas tersebut, saya  melakukan praktek kewirausahaan ini. Usaha yang saya jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi saya  untuk masa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba menawarkan produk jajanan Macaroni Balado dan Pangsit Rumput Laut. Laporan ini saya  susun dengan rasa kebersamaan, jujur, dan tanggung jawab.

B. Tujuan Usaha

Laporan ini disusun dengan tujuan:

1.  Untuk memenuhi tugas Kewirausahaan

2.  Siswa dapat meningkatkan kreatifitas

3.  Melatih mental untuk menjadi wirausahawan

4.  Menambah pengalaman kewirausahaan

5.  Menanamkan jiwa kewirausahaan dalam diri siswa

C.  Pelaksanaan Ujian

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan disatu tempat dalam waktu 2 hari, yaitu :

Hari/Tanggal        : Jumat-Sabtu / 12-13 Maret 2016

Tempat                 : di rumah dan berkeliling ke rumah tetangga.





BAB II Pembahasan



A.  Potensi Dasar Produk

a)    Kelebihan Pemilihan Produk

Pemilihan produk ini saya pilih karena saya sering melihat masyarakat yang masih suka makanan ringan seperti Macaroni Balado  dan  Pangsit Rumput Laut sebagai cemilan dan campuran makanan lainnya. Jadi, kelebihan produk yang saya jual yaitu dapat dimakan sebagai cemilan, saat santai atau saat sibuk juga bisa dengan campuran makanan lainnya.

 Proses penjualan produk ini pelaksanaanya memerlukan perancangan yang matang agar dalam pelaksanaan usaha mandiri ini semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan suatu apa.

Untuk itu pengelolaan kreatifitas usaha penjualan barang produksi, penulis melaksanakan beberapa proses kerja seperti:

1.   Menyurvei selera konsumen di lingkungan sendiri maupun sekolah.

2.   Mengumpulkan gagasan atau ide setiap individu dalam kelompok

3.    Menentukan pasar yang dianggap potensial

4.    Mengumpulkan bahan-bahan yang ekonomis yang akan diproduksi dan dipasarkan

5.    Melaksanakan proses kegiatan produksi

6.    Menghitung harga jual         

7.    Memasarkan melalui media promosi dan Personal Selling

b)   Analisis SWOT

1. Strenght (Kekuatan)

Ø Tempatnya mudah di dapat di berbagai toko dan pasar.

Ø Rasanya sangat gurih dan lezat.

Ø Harganya cukup murah , terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.



2.Weakness (Kelemahan)

Ø Kurang modal untuk memulai usaha.

Ø Harga bahan baku tidak stabil

Ø Banyaknya pesaing

Ø Timing yang dipakai kurang tepat



3. Opportunity (Peluang)

Ø Digemari sebagian besar masyarakat.

Ø Menjadikan seseorang untuk berwirausaha memproduksi makanan ini.

Ø Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.

Ø Budaya masyarakat yang konsumtif.



4. Threat (Ancaman)

Ø Banyak saingan diluar sana.

Ø Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga jajanan yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

Ø Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).

B.  Strategi Pemasaran

Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah

1)    Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli jajanan di tempat kita.

2)    Promosi untuk Pengembangan Pasar

Selain melakukan strategi pemasaran produk seperti diatas,  saya juga mempromosikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki dengan cara membujuk pelanggan agar mencicipi jajanan tersebut. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha penjualan ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat.

C.  Permodalan

1.     Modal awal        

-         Biaya Tetap        

Ø Macaroni balado            = Rp 10.000,-

Ø Pangsit rumput laut       = Rp 11.000,-

Jumlah                          = Rp 21.000,-

-         Biaya Variabel

Ø Plastik                            = Rp 2.000,-

Ø Streples                          = Rp 1.000,-

Jumlah                          = Rp 3.000,-

2.     Total Biaya (Total Cost)

TC = TFC + TVC

TC = Rp 21.000,- + Rp 3000,-

TC = Rp 24.000,-

3.     Harga produk

-         Macaroni Balado

Saya  menjual produk kami dengan harga Rp 4000,- / bungkus.

Macaroni Balado terjual ada 5 bungkus               = Rp20.000,-

Modal awal yang dikeluarkan                                        = Rp 10.000,-

                    Keuntungan Penjualan                                                = Rp 10.000,-

-         Pangsit Rumput Laut

Saya  menjual produk kami dengan harga Rp 5000,- / bungkus.     

                   Pangsit Rumput Laut yang terjual ada 4 bungkus         = Rp 20.000,-

                   Modal awal yang dikeluarkan                              = Rp 11.000,

                   Keuntungan Penjualan                                                = Rp 9.000,-

D.   Hasil Penjualan dan Pembahasan

-         Keuntungan penjualan kotor                                = Rp 19.000,-

-         Biaya Variabel                                                     = Rp 3.000,-

-         Keuntungan penjualan bersih yang diperoleh  = Rp 16.000,-



Kegiatan ini saya lakukan agar mendapatkan pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi wirausaha. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa khususnya saya, karena dengan melakukan kegiatan ini kami dapat mengetahui bagaimana caranya menawarkan dan memasarkan suatu produk dengan baik, dan kami bisa lebih banyak mengetahui cara berinteraksi dengan baik dan sopan.




 Bab III Penutup


A.  Kesimpulan

Dari kegiatan ini, saya menarik kesimpulan bahwa siswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini, yang bukan hanya teori saja tapi langsung praktek kelapangan. Dengan hal ini kita bisa secara langsung merasakan bagaimana berinteraksi pada konsumen, menawarkan dan menjual produk kepada orang lain. Pengalaman ini bisa menjadi dasar ketika nanti kami akan membuka suau usaha. Asal ada kemauan dan keinginan pasti kita bisa melakukannya, karena dalam dunia bisnis modal bukanlah segalanya tapi skill juga sangat berperang penting.



B.  Saran

Semoga dalam mata pelajaran kewirausahaan selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan lebih ditingkatkan lagi. Karena kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat, agar siswa memiliki bekal pengalaman ketika ingin terjun langsung ke dunia bisnis.

1 komentar:

  1. LuckyClub Casino Site - Live casino, Live betting and
    Lucky Club Casino provides a full range of the latest online slots luckyclub.live with the best odds for bonuses. Play over 100 different casino games and sports markets for

    BalasHapus